Artikel, Reportase Kegiatan KMTG

Pelatihan Terestrial Laser Scanner

            Pada hari Rabu dan Kamis 25 – 26 Mei  2014  yang lalu,  telah dilaksanakan acara Pelatihan Alat TLS (Teodolite Laser Scanner)  dan Total Station Imaging station.  Pelatihan Alat merupakan salah satu  proker dari beberapa proker yang terdapat pada Departemen DIKTI KMTG UGM. Acara pelatihan alat ini diikuti oleh sekitar 47 mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika UGM. Konsep dan Tempat pelaksaanaan acara Pelatihan Alat  ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Jika pada tahun  sebelumnya (2013) Pelatihan Alat dilaksanakan  1 hari di Gedung Teknik Geodesi UGM,  dimana 1 hari  tersebut digunakan untuk kegiatan presentasi materi tentang Alat yang digunakan, Tahapan akuisisi data,  Tahap pemrosesan data dan Tahap penyajian hasil secara Digital. Kali ini, acara pelatihan tersebut dilaksanakan  dalam waktu 2 hari di Hotel Ibis Style yang berlokasi di Jalan Dagen sekitar wilayah Malioboro.   Acara Pelatihan ini bersifat terbatas ( khusus untuk mahasiswa Teknik Geodesi dan Geomatika UGM) dengan biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000. Mungkin ketika pertama kali mendengar biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000 terlihat cukup mahal untuk seorang mahasiswa, karena pada pelatihan sebelumnya hanya membayar  biaya pendaftaran sebesar Rp.30.000 saja. Tapi jangan pesimis dulu teman, ingat pepatah “harga  pasti membawa fasilitas”. Karena fasilitas yang diberikan dalam acara pelatihan tersebut  melebihi biaya pendaftaran sebesar Rp.100.000, dimana peserta berhak mendapatkan : seminar kit, sertifikat, 4 x coffee break (2 hari), 2 x lunch (di Restoran Hotel IBIS Style) dan pastinya ilmu & pengalaman yang bermanfaat.  Pelatihan  Alat ini diberikan oleh PT. Asaba dan turut dihadiri oleh Bapak Djurjani selaku Ketua Jurusan Teknik Geodesi UGM, Bapak Ruli Andaru dan Bapak Made Andi sebagai ketua Lustrum Jurusan Teknik Geodesi UGM ke 55 Pelaksanaan kegiatan Pelatihan Alat yang diadakan selama 2 hari memiliki rincian sebegai berikut :

  1. Hari pertama : Merupakan Pengenalan alat  TLS (Teodolite Laser Scanner) dengan type alat GLS – 1500 dan  Total Station Imaging station. Dilanjutkan kegiatan praktikum pengumpulan data ukuran (akuisisi data) menggunakan alat Total Station Imaging station. Dimana dalam pelaksanaan praktikum ini, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dan melakukan kegiatan praktikum secara bergiliran selama  20 menit.
  • Apa yang membedakan alat tersebut dengan Alat Total Station pada umumnya?

              Dari nama Alatnya saja sudah dapat dibedakan dengan TS pada umumnya dimana Total Station Imaging station selain  dapat melakukan pengukuran sudut dan jarak (EDM), juga dapat mengambil gambar pembawa alat yang sedang dibidik oleh teropong Total Station Imaging station.

  1. Hari kedua : Merupakan kelanjutan acara pada hari pertama. Peserta Pelatihan melakukan kegiatan praktikum pengumpulan data ukuran (akuisisi data) menggunakan alat TLS (Teodolite Laser Scanner) secara bergiliran tiap kelompok. Dilanjutkan pemrosesan data dan penyajian hasil ukuran secara digital.

Penutupan Acara Pelatihan Alat berlangsung secara santai tepatnya pada jam 16.00 WIB.  Dengan berakhirnya acara pelatihan ini diharapakan kepada seluruh mahasiwa terutama mahasiswa Teknik Geodesi UGM dapat menimba ilmu dan pengalaman sebanyak – banyaknya dari setiap acara pelatihan karena terdapat pepatah “ 1000 teori Kalah dengan 1 Tindakan”. So,  repaired  your theory and  do your best practice.

                                    ——–Salam Semangat DIKTI KMTG——–

Leave a Reply

Your email address will not be published.